Mada Aryanugraha, SE. RFA. CFP®. adalah seorang Independent Financial Planner, Penasihat Keuangan berpengalaman sejak tahun 2010. Memiliki sertifikasi profesional yang diakui dunia dan terdaftar secara nasional. Telah menangani banyak klien perorangan, baik karyawan, busines owner maupun pejabat. Mada juga dipercaya oleh berbagai perusahaan, institusi maupun komunitas, sebagai pembicara di berbagai seminar, workshop, Talk Show dan juga Nara Sumber di berbagai media, cetak, televisi, radio dan media online.

Menjadi seorang Perencana Keuangan adalah idealisme Mada dalam memberikan kontribusi positif kepada bangsa dan negara. Memberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan kepada masyarakat luas dan membantu banyak orang untuk mengatasi masalah keuangan mereka, sehingga bisa memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Saat ini Mada telah menjadi seorang suami dan ayah dari 2 orang anak. Menerapkan ilmu perencanaan keuangan yang telah dimilikinya, ke dalam kehidupan rumah tangga menambah pengalaman dan membuat Mada bisa berbagi tips dan juga strategi dalam mengaplikasikan perencanaan keuangan kebanyak orang.

PERJALANAN MADA

Perjalanan yang membawa Mada menjadi seorang Independent Financial Planner

Pada pertengahan 2010, Mada mengikuti sebuah seminar yang diadakan oleh salah satu Firma Perencana Keuangan. Dari situ Mada pun tertarik untuk mengikuti sebuah workhshop perencanaan keuangan, dengan kelas basic financial planning yang diselenggarakan oleh IARFC (Internasional Association of Registered Financial Consultant) Indonesia. Disinilah menjadi titik balik Mada untuk mempelajari lebih jauh mengenai Financial Planning, dengan melanjutkan pendidikan nya ke kelas Intermediate.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Di awal tahun 2011, Mada berhasil menyelesaikan pendidikan untuk menjadi Independent Financial Planner, lulus sertifikasi untuk mendapatkan gelar profesional RFA (Registered Financial Associates), setelah menyelesaikan kelas Intermediate yang diadakan oleh IARFC Indonesia. Ini menjadi gelar profesional yang didapatkan Mada untuk pertama kali.

Di Bulan Mei, Mada memutuskan untuk berhenti kerja, dan fokus untuk beralih profesi menjadi seorang Financial Planner. Sebuah langkah besar dalam kehidupan Mada saat itu. Pekerjaan mapan sebagai seorang karyawan ditinggalkan begitu saja untuk dapat bergabung dengan salah satu Firma Perencana Keuangan ternama saat itu, dan memulai karirnya sebagai perencana keuangan profesional.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Posisi sebagai Senior Advisor berhasil mada capai di tahun ke dua, setelah bergabung dengan Firma Perencana Keuangan AFC (Akbar Financial Check Up). AFC adalah salah satu firma Perencana Keuangan di Indonesia, yang didirikan oleh Aidil Akbar Madjid, salah satu Perencana Keuangan Top di Indonesia. Beliau dengan pengalaman lebih dari 15 tahunnya di bidang perencanaan keuangan menjadi mentor serta guru terbaik bagi Mada untuk mencapai posisi senior advisor di AFC.

Pada Desember 2012 Mada bersama 3 rekan sesama Financial Planner, membuka kantor perencanaan keuangan baru. Dengan menggunakan badan hukum PT. yang fokus utamanya adalah Jasa Konsultan Keuangan untuk Pribadi dan keluarga. Ardana Consulting menjadi pengalaman pertama Mada dalam memulai sebuah usaha atau bisnis.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

September 2013. Mada terpilih sebagai SekJend IFPC (Independent Financial Planners Club) dengan masa jabatan selama 2 tahun. IFPC adalah sebuah organisasi yang anggotanya berisikan Firma Perencana Keuangan yang Independent. IFPC memiliki tujuan sebagai sebuah organisasi yang menaungi para perencana keuangan independent, tempat untuk berbagi pengalaman sebagai sesama perencana keuangan, serta menyamakan standart dalam memberikan jasa Financial Planning.

Oktober - November 2013. Mada kembali melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar sertifikasi CFP (Certified Financial Planner) dari FPSB (Financial Planning Standard Board) Indonesia. Gelar CFP adalah satu-satunya gelar profesi untuk seorang perencana keuangan yang telah diakui secara nasional, karena terdaftar di BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Pendidikan ini diselenggarakan oleh SBM ITB.

Di penghujung 2013 Mada mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan TOT (Training Of Trainers) dengan tema Financial Education for Families and Small Entrepreneurs, yang diselenggarakan oleh ILO (International Labour Organization) bekerjasama dengan Allianz Indonesia. Pelatihan ini bertujuan supaya peserta dapat memberikan pelatihan kembali kepada masyarakat secara lebih luas mengenai edukasi keuangan, untuk rumah tangga maupun usaha kecil (mikro) atau usaha sekala rumah tangga.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Pada awal tahun 2015 Ardana Consulting merubah fokus bisnis utamanya, tetap menjadi sebuah perusahaan konsultan keuangan, tetapi fokus utamanya berubah dari Personal Financial Planning menjadi Konsultan Keuangan Bisnis. Oleh karena itu Ardana tidak lagi memberikan pelayanan terkait perencanaan keuangan untuk pribadi atau keluarga. Karena masih menjadi passion dan tetap ingin dapat berprofesi sebagai seorang Independent Financial Planner maka Mada bergabung dengan Finansia Consulting sebuah Firma Perencana Keuangan yang didirikan oleh Eko Endarto. Beliau adalah salah satu perencana keuangan senior yang telah mulai berpraktek sejak tahun 2007. Bersama Finansia Mada tetap dapat menjalankan profesinya sebagai seorang Perencana Keuangan sampai dengan hari ini.

PENGGUNA JASA MADA

Berikut ini beberapa perusahaan, institusi maupun komunitas yang telah menggunakan jasa Mada, sebagai seorang Independent Financial Planner

TETAP TERHUBUNG DENGAN MADA