Memasuki bulan-bulan di akhir tahun, seperti Oktober dan November, sebagian masyarakat sudah mulai mempersiapkan rencana dan keinginan untuk berlibur di akhir tahun. Beberapa liburan, seperti libur Hari Raya Natal dan libur Tahun Baru sudah mulai terbayang-bayang di kepala kita. Setelah selama setahun penuh bekerja keras, maka sudah menjadi hak anda untuk merencanakan liburan akhir tahun. Kewajiban anda adalah untuk mempersiapkan dana liburan yang dibutuhkan, agar liburan dapat berjalan lancar, berkesan, dan menyenangkan, baik untuk anda maupun keluarga. Oleh karena itu, mari kita bahas persiapan liburan dari segi finansial.

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah tujuan liburan anda. Tempat tujuan berlibur sedikit-banyak akan memberikan pengaruh terhadap pengeluaran dan kebutuhan dana liburan anda. Beberapa orang atau keluarga ingin menghabiskan waktu liburannya di luar negeri, sedangkan beberapa keluarga lain ingin yang sederhana hanya di dalam negeri atau malah hanya di dalam kota saja. Oleh karena itu, tentukan tujuan liburan anda terlebih dahulu sehingga persiapan dana liburan dapat dilakukan secara optimal.

Dalam melaksanakan liburan, ada beberapa orang yang menginginkan liburannya bersifat lebih personal. Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan liburan yang lebih personal, anda harus merencanakan seluruh detail liburan secara sendiri. Mulai dari tiket perjalanan harus mempersiapkannya sendiri. Penginapan selama di tempat tujuan dan juga lokasi mana saja yang akan dikunjungi harus dipersiapkan sendiri. Melakukan perencanaan liburan yang personal memang memakan waktu, tetapi liburan menjadi lebih sesuai dengan keinginan anda dan bahkan lebih sesuai dengan budget anda. Yang pasti, di dalam perencanaan liburan secara personal, anda harus memastikan semua biaya secara detail, masuk ke dalam perhitungan perencanaan dana liburan.

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan persiapan secara sendiri, bisa memanfaatkan paket penawaran yang disediakan oleh beberapa agen perjalanan. Mereka biasanya sudah menyediakan paket berdasarkan kepada daerah tujuan serta masa liburannya. Biasanya di dalam paket yang mereka tawarkan, sudah memasukkan semua biaya inti dari perjalanan liburan tersebut. Sehingga pada akhirnya, anda hanya perlu mempersiapkan beberapa biaya yang memang tidak di-cover oleh paket tersebut, seperti belanja oleh-oleh dan biaya transport di luar paket perjalanan, seperti untuk membayar taksi.

Sebelum berangkat berlibur, coba persiapkan dan pastikan bahwa anda telah memiliki dana darurat. Dana darurat sangat penting apabila ketika dalam perjalanan liburan, anda mengalami sesuatu yang menuntut anda untuk mengeluarkan sejumlah uang pada saat itu juga. Misalnya ketika anda sedang berlibur, namun kendaraan yang anda gunakan tiba-tiba rusak dan harus segera dibawa ke bengkel. Di dalam situasi seperti itu, tentu anda harus memerlukan dana tunai untuk membayar jasa perbaikan bengkel, karena belum tentu bengkel tersebut menerima pembayaran dengan alat pembayaran kartu plastik.

Yang tidak kalah penting sebelum anda berangkat berlibur adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Jika anda telah berkeluarga dan berencana untuk meninggalkan anak di rumah, pastikan anda memiliki asuransi jiwa. Sehingga jika memang terjadi apa-apa dengan anda dan pasangan, kehidupan anak anda masih terjamin keberlangsungannya. Selain asuransi jiwa, pastikan asuransi kesehatan anda memiliki jaringan layanan yang luas, sehingga jika memang anda harus dirawat di rumah sakit ketika berlibur di tempat tujuan, biaya perawatan akan di-cover oleh perusahaan asuransi anda.

Selama berlibur, anda pasti akan melakukan banyak pengeluaran. Tentu akan menjadi sangat tidak praktis dan tidak aman jika anda harus membawa semua kebutuhan biaya dalam bentuk dana tunai. Sebagai pertimbangan keamanan, akan lebih baik jika anda mempersiapkan berbagai dana tersebut ke dalam rekening bank yang memiliki jaringan ATM dan debit yang luas. Jika seandainya memang anda memerlukan pembayaran dengan kartu kredit, maka pastikan ketika sepulangnya dari liburan, anda langsung membayar lunas atau tepat pada waktunya. Apabila anda berencana untuk menggunakan kartu kredit ketika berlibur, pastikan kartu anda bisa diterima di semua merchant. Selain itu, jika anda berencana liburan ke luar negeri, laporkan ke bank penerbit sebelum berangkat agar transaksi dapat berjalan lancar.

Untuk persiapan dana liburannya, bagi anda yang sudah terbiasa membuat anggaran liburan setiap tahun tentu tidak akan merasa terlalu direpotkan dengan biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Jika anda sudah membuat anggaran liburan sejak awal, maka biasanya anda juga sudah memiliki gambaran tujuan dan biaya yang dibutuhkan. Sehingga pada hari-H liburan, dana yang anda butuhkan sudah tersedia dan siap di rekening.

Sedangkan untuk anda yang belum mempersiapkan anggaran dan datangnya ide rencana liburan yang memang agak mendadak, tentu anda akan memiliki kesulitan tersendiri mengenai persiapan dananya karena waktu yang terbatas. Yang bisa anda lakukan adalah persiapkan setiap dana yang anda terima, misalnya anda mendapatkan bonus atau THR, maka gunakan untuk kebutuhan dana liburan anda. Setelah itu, menjadi tugas anda untuk mempersiapkan anggaran dana liburan selanjutnya di tahun depan, sehingga anda dapat melaksanakan liburan dengan optimal.

Selamat berlibur akhir tahun!

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *